Besok Gerhana Matahari Cincin Lintasi Indonesia, Warga Lampung Juga Bisa Lihat

By Redaksi 20 Jun 2020, 11:34:49 WIB Hiburan
Besok Gerhana Matahari Cincin Lintasi Indonesia, Warga Lampung Juga Bisa Lihat

Keterangan Gambar : ilustrasi gambar


BANDARLAMPUNG - Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) RI memberikan informasi bahwasanya pada 21 Juni 2020, akan ada sejumlah fenomena astronomi yang melintasi Indonesia. Adapun salah satu fenomena astronomi tersebut salah satunya berupa gerhana matahari cincin.

Adapun gerhana matahari cincin ini terjadi dikarenakan bulan berada di posisi yang terlalu jauh dari bumi. Sehingga bulan tersebut tidak sepenuhnya menutupi matahari. Peristiwa ini juga akan menghasilkan cincin cahaya disekitar bulan yang cenderung gelap.

Peristiwa gerhana matahari cincin ini akan dimulai terlebih dahulu di wilayah Afrika Tengah. Kemudian bergerak ke Arah Saudi, India Utara, dan Tiongkok Selatan. Sebelum akhirnya peristiwa tersebut berakhir di Samudra Pasifik.

Untuk di wilayah Indonesia sendiri tidak semua wilayah bisa melihat fenomena ini. Adapun wilayah yang dapat melihat fenomena ini hanya berada di wilayah paling utara bagian Indonesia. Meskipun demikian porsi gerhana matahari cincin yang bisa dilihat di Indonesia ini tidak seberapa besar.

Untuk di wilayah Provinsi Lampung sendiri tidak semua wilayah bisa melihat fenomena alam ini. Hanya ada beberapa wilayah di Provinsi Lampung yang bisa melihat fenomena ini. Meskipun ada beberapa wilayah di Provinsi Lampung yang bisa melihat fenomena ini namun tak sepenuhnya bisa terlihat secara utuh.

Menurut data dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Lampung Utara, gerhana yang teramati dari Lampung ini berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana terentang antara 0,001 di Metro hingga 0,037 di Wiraga Mulya. Gerhana ini tidak akan termati di wilayah Bandar Lampung, Krui, Liwa, Kotaagung, Pringsewu, Gedong Tataan, dan Kalianda.

Secara umum, fenomena gerhana matahari di Provinsi Lampung akan dimulai pada Pukul 14.41 WIB, dengan puncak gerhana terjadi pada Pukul 15.07 WIB, dan akan berakhir pada Pukul 15.07 WIB. Adapun durasi yang dapat teramati di Provinsi Lampung ini, rata-rata dengan durasi sekitar 0,43 jam.(ilham/sumberlampungpro)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jual Payung Promosi

    Duuuh,, bagus-bagus banget payung - payung di festival tersebut. Bentuknya payungnya indah dan ...

    View Article
  • Danang

    Sip ...

    View Article
  • seo services jakarta

    Apa yang dilakukan Pemprov Lampung dengan mengibahkan ambulans untuk IKLB adalah hal baik yang ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video