5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

By Redaksi 20 Mei 2020, 10:45:30 WIB HIBURAN
5 Penyebab Mulut Anda Terasa Pahit Saat Puasa

Keterangan Gambar : ilustrasi gambar


Selain lapar dan haus, mulut yang terasa pahit adalah “keluhan” yang seringkali terlontar saat puasa. Rasa pahit dalam mulut bisa mengisyaratkan penyakit serius, seperti masalah ginjal, penyakit hati, diabetes yang tidak terdiagnosis, hingga kanker tertentu. Tapi sejumlah alasan ini tidak umum, dan biasanya akan disertai serangkaian gejala lain, seperti dilansir hello sehat. Tapi jika Anda sehat-sehat saja, penyebab mulut terasa pahit saat puasa biasanya tidak berbahaya — bisa jadi, keteledoran Anda yang jadi biang keladinya.

Apa penyebab mulut terasa pahit saat puasa?

1. Kurang asupan cairan

Rasa pahit di lidah terjadi karena produksi air liur yang berkurang akibat tubuh yang kekurangan cairan selama berpuasa. Kelenjar liur dalam mulut menjadi kering karena tubuh “terpaksa” untuk memusatkan penumpukan cairan di tempat lain yang lebih membutuhkannya. Akibatnya, jumlah oksigen di mulut juga ikut menurun sehingga memicu pertumbuhan bakteri anaerob. Bakteri-bakteri tersebut memproduksi sulfur yang menyebabkan bau tidak sedap dan rasa pahit di lidah.

2. Jarang gosok gigi

Mulut merupakan rongga yang hangat dan lembap, tempat yang ideal untuk bakteri bertumbuh kembang. Jika Anda tidak teratur menyikat gigi dan membersihkannya secara teratur, maka bakteri dan kuman bisa berkumpul di mulut. Hasilnya bisa berupa masalah gigi dan gusi seperti gingivitis, periodontitis, dan infeksi gigi. Nah, ini mungkin yang menjadi penyebab mulut Anda terasa pahit saat puasa.

3. Asam lambung naik

Perut yang kosong selama seharian bisa memperparah asam lambung Anda di siang hari selama berpuasa. Gejala utama dari asam lambung naik, dikenal sebagai GERD dalam dunia medis, meliputi rasa asam atau pahit di mulut. Ini disebabkan oleh aliran balik dari cairan asam dalam lambung yang naik ke kerongkongan.

4. Berhenti merokok

Puasa umum dijadikan sebagai momen untuk berhenti merokok bagi sebagian besar orang. Tapi siapa yang menyangka bahwa ternyata niat baik ini justru yang mungkin menjadi penyebab di balik keluhan mulut pahit selama Anda berpuasa.

Paparan zat kimia dari rokok yang selama ini diterima oleh tubuh Anda pada akhirnya merusak sistem saraf yang ada di lidah, yang bertugas untuk membedakan mana rasa asin, asam, manis, dan pedas dari setiap makanan yang Anda kudap. Rokok juga bisa merusak struktur papila, bintil-bintil kecil di atas permukaan lidah yang menerima rangsangan saraf dari luar.

Pada akhirnya, merokok akan menurunkan kemampuan pengecap Anda bahkan jauh setelah Anda menghentikan kebiasaan ini. Dengan kata lain, perasaan mulut asam dan pahit yang Anda rasakan saat puasa adalah imbas dari kebiasaan merokok Anda selama ini.

5. Sedang hamil

Mulut yang terasa pahit atau asam adalah salah satu gejala kehamilan umum selama trimester pertama. Sensasi ini bahkan bertahan selama Anda makan dan selama berpuasa.

Psstt… tidur menganga juga bisa menjadi penyebab mulut kering dan mulut terasa pahit saat puasa, lho! (HS/yogi)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jual Payung Promosi

    Duuuh,, bagus-bagus banget payung - payung di festival tersebut. Bentuknya payungnya indah dan ...

    View Article
  • Danang

    Sip ...

    View Article
  • seo services jakarta

    Apa yang dilakukan Pemprov Lampung dengan mengibahkan ambulans untuk IKLB adalah hal baik yang ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video